Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Kelurahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas)

Authors

  • Intan Sari Caramoy Pulungan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Author
  • Yayuk Yuliana Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Author
  • Indra Utama Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Author
  • Arief Hadian Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/b6s0mx78

Keywords:

Desain Produk, Harga, Label Halal, Keputusan Pembelian, Kosmetik Wardah

Abstract

Tujuan riset ini guna mengetahui pengaruh tiga faktor yaitu desain produk, harga dan label halal pada keputusan konsumen untuk membeli kosmetik Wardah di Kecamatan Sitirejo III Kabupaten Medan Amplas. Konsumen di wilayah tersebut yang membeli kosmetik Wardah diberikan kuesioner untuk diisi guna mengumpulkan data dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode validasi deskriptif. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS, uji korelasi parsial digunakan selama prosedur analisis data. Pengetahuan yang mendalam mengenai faktor yang berdampak pada keputusan konsumen lokal untuk membeli kosmetik Wardah diharapkan dari temuan penelitian, yang akan membantu dalam pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif bagi perusahaan kosmetik. Hasil riset memperlihatkan di Kecamatan Sitirejo III, Kabupaten Medan Amplas, keputusan belanja kosmetik Wardah dipengaruhi secara signifikan oleh desain produk, harga, dan label halal. Konsumen cenderung membeli sesuatu berdasarkan desainnya, sebagaimana terlihat dari pengaruh positif dan cukup besar yang terbukti dimiliki oleh desain produk pada keputusan pembelian. Harga juga berdampak besar terhadap keputusan untuk membeli, yang menunjukkan keputusan konsumen untuk membeli kosmetik Wardah dipengaruhi oleh harga. Keberadaan label halal meningkatkan minat konsumen dan berdampak positif pada keputusan pembelian. Riset ini menambah pengetahuan tentang faktor yang memengaruhi keputusan pembelian kosmetik halal di Indonesia. Temuan ini memiliki aplikasi di dunia nyata yang dapat membantu perusahaan kosmetik dalam mengefisienkan rencana pemasaran mereka dan memberikan arahan untuk pembuatan kosmetik yang mencerminkan preferensi konsumen regional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Pulungan, I. S. C., Yayuk Yuliana, Indra Utama, & Arief Hadian. (2024). Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Kelurahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(3), 476 – 484. https://doi.org/10.36985/b6s0mx78

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.