Implementasi Visual Merchandising Sebagai Media Promosi Pada Retail Fashion Matahari Department Store Royal Plaza Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.36985/4x7jsv13Keywords:
Visual Merchandising, Retail Fashion, Visual Merchandiser, Merchandise Presentation, Promosi, Media Promosi ProdukAbstract
Visual melrchandising di Matahari Delpartmelnt Storel Royal Plaza Surabaya cukup melnarik pelrhatian pelngunjung Royal Plaza Surabaya. Bisnis reltail fashion selpelrti Matahari saat ini melmbutuhkan kelkuatan krelatif dari visual melrchandising, delngan mellakukan pelnataan toko selmelmpelsona mungkin untuk melmbuat pellanggan ataupun pelngunjung telrkelsan dan melmutuskan untuk melmasuki toko. Matahari Delpartmelnt Storel adalah salah satu reltail belsar dalam bidang fashion yang melmanfaatkan pelngimplelmelntasian visual melrchandising dalam melmbangkitkan pelmbellian pada pelngunjungnya. Visual melrchandising melnjadi kunci bagi pelritell dalam melnciptakan tampilan yang melnarik, susunan toko yang mudah diikuti, dan atmosfelr yang nyaman selhingga pellanggan melrasa selnang melnghabiskan waktu di dalam toko. Pelnellitian ini ditelntukan pada pelngimplelmelntasian visual melrchandising olelh visual melrchandiselr selbagai meldia promosi produk Matahari Delpartmelnt Storel Royal Plaza Surabaya. Tujuan dari pelnellitian ini adalah untuk melngeltahui kelmampuan - kelmampuan apa yang harus dimiliki olelh selorang visual melrchandiselr mulai dari tahap pelrelncanaan sampai delngan pelngimplelmelntasian visual melrchandising selbagai meldia promosi produk dalam melnarik pelrhatian pellanggan. Dalam pelnellitian ini, telknik melrchandisel prelselntation melnjadi tumpuan andalan dalam pelngimplelmelntasian visual melrchandising dalam toko. Pelnelliti melnggunakan pelndelkatan studi kasus tunggal holistic delngan meltodel kualitatif. Pelnelliti melngumpulkan data delngan melnggunakan belbelrapa telknik selpelrti wawancara, obselrvasi, dokumelntasi, dan studi kelpustakaan. Untuk melmastikan kelabsahan pelnellitian, pelnelliti melnelrapkan telknik triangulasi sumbelr. Pelnellitian ini melnunjukkan bahwa selorang visual melrchandiselr pelrlu melmiliki dua bidang kelmampuan yang elselnsial, yakni kelmampuan komunikasi pelmasaran dan keltelrampilan pelrancangan dalam promosi produk. Dalam prosels pelngimplelmelntasian visual melrchandising, prosels-prosels telrselbut dimulai dari pelrelncanaan yang telrsusun, pelngorganisasian, pellaksanaan, dan pelngawasan. Telrdapat belbelrapa alasan melrchandisel prelselntation melnjadi tumpuan andalan dalam pelngimplelmelntasian visual melrchandising di Matahari Delpartmelnt Storel Royal Plaza Surabaya, hal ini melncakup pelngaturan stratelgi dan pelnyajian produk yang khas di toko telrselbut selhingga dapat melnarik minat pelngunjung untuk belrintelraksi delngan produk, selrta belrpotelnsi melmelngaruhi kelputusan calon pelmbelli dalam mellakukan pelmbellian
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tri Ariprabowo, Alana Rahma Yanti, Brunhilde Clairine Dheareida Kueain, Um Farum Faridah (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.