NILAI TAMBAH DAN SALURAN PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA MENJADI ROASTED BEANCAP SEMBEKAN DUA COFFEE (Studi Kasus : Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara)

Authors

  • Donny Ivan Simatupang Universitas Methodist Indonesia
  • Friska Juliana Simbolon Universitas Methodist Indonesia
  • Ronika Sagala Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v2i1.196

Keywords:

Biji Kopi Arabika, Roasted Bean, Nilai Tambah, Pendapatan, Kelayakan Usaha, Saluran Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan biji kopi arabika menjadi roasted bean di daerah penelitian,untuk mengetahui nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan biji kopi arabika menjadi roasted bean di daerah penelitian, untuk mengetahui berapa besar pendapatan yang di dapat dari pengolahan biji kopi arabika menjadi roasted bean di daerah penelitian, untuk mengetahui kelayakan usaha pengolahan biji kopi arabika menjadi roasted bean di daerah penelitian, untuk mengetahui saluran pemasaran dari pengolahan biji kopi arabika menjadi roasted bean di daerah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tahapan – tahapan pengolahan roasted bean di daerah penelitian, antara lain pertama penyediaan bahan baku, penjemuran, huller, penyortiran green bean, penyimpanan, sangrai dan pengemasan. Kedua nilai tambah dari pengolahan roasted bean per bulan di daerah penelitian sebesar Rp  4.291.695 dengan rasio 50,5%. Ketiga pendapatan roasted bean sebesar Rp 3.041.638,5/bulan. Dimana penerimaan sebesar Rp 8.500.000 dan total biaya produksi sebesar Rp 5.041.638,5. Keempat usaha pengolahan roasted bean di daerah penelitian layak untuk diusahakan dengan diperolehnya nilai R/C 1,68 > 1, BEP produksi 20,16/kg < rata-rata produksi 34, dan BEP harga sebesar Rp 148.283,48 < harga jual roasted bean sebesar Rp 250.000/kg.  Kelima dimana saluran pemasaran roasted beanada 2 (dua) saluran yaitu dari produsen – konsumen dan dari produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen

Downloads

Published

2020-02-17

How to Cite

Donny Ivan Simatupang, Friska Juliana Simbolon, & Ronika Sagala. (2020). NILAI TAMBAH DAN SALURAN PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA MENJADI ROASTED BEANCAP SEMBEKAN DUA COFFEE (Studi Kasus : Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara). Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 2(1), 36–46. https://doi.org/10.36985/jak.v2i1.196