ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIBIT UNGGUL DURIAN BINTANA (Durio zibethinus) DI UPT. BIH GEDUNG JOHOR DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Nelly M R Sinaga Universitas Darma Agung, Medan
  • A Effendi Lubis Universitas Darma Agung, Medan
  • Mutiara Pradila Universitas Darma Agung, Medan

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v3i1.212

Keywords:

Bibit Unggul, Durian Bintana, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) proses dan Teknik pembibitan bibit unggul Durian Bintana (Durio zibethinus), (2) faktor-faktor internal dan eksternal dalam pemasaran bibit unggul Durian Bintana (Durio zibethinus), (3) mengidentifikasi faktor-faktor strategis dan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran bibit unggul Durian Bintana (Durio zibethinus, (4) menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran bibit unggul Durian Bintana (Durio zibethinus). Penelitian dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Benih Induk Hortikultura Gedung Johor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara pada bulan Juli-September 2020. Analisis data menggunakan matriks SWOT dan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Teknik perbanyakan pembibitan durian bintana dilakukan dengan perbanyakan vegetatif. (2) Faktor internal  dan faktor eksternal di UPT. BIH Gedung Johor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Faktor Internal : Produk, Tenaga kerja, Harga, Promosi.Faktor Eksternal : Pemerintah, Konsumen, Pesaing, Teknologi. (3) Faktor-faktor strategis dalam pemasaran bibit unggul durian bintana di UPT. BIH Gedung Johor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara Kekuatan : Produk bersertifikat, Kelemahan : Keterlambatan pencairan anggaran, Peluang : Kerjasama dengan instansi pemerintah/swasta, Ancaman : Konsumen yang lebih memilih bibit durian varietas lain. Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam memasarkan bibit durian unggul bintana di UPT. BIH Gedung Johor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yaitu:mengoptimalkan penggunaan berbagai media untuk media promosi,tetap menjaga kepercayaan konsumen dengan kualitas produk, menjalin kerjasama dengan dengan penangkar bibit durian lokal, menjalin kemitraan dengan pemerintah baik negeri maupun swasta, meningkatkan daya saing produk serta promosi. (4) Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran bibit unggul Durian Bintana di UPT. BIH Gedung Johor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara berdasarkan analisis QSPM ialah menjalin kemitraan dengan Pemerintah baik negeri maupun swasta dengan STAS/Sum Total Attractive Score (Jumlah Total Nilai Daya Tarik) 6,164, menjalin kerjasama dengan penangkar bibit durian lokal dengan STAS/Sum Total Attractive Score (Jumlah Total Nilai Daya Tarik) 6,065, mengoptimalkan penggunaan berbagai media untuk media promosi STAS/Sum Total Attractive Score (Jumlah Total Nilai Daya Tarik) 5,504

Downloads

Published

2021-02-19

How to Cite

Sinaga, N. M. R., Lubis, A. E., & Mutiara Pradila. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIBIT UNGGUL DURIAN BINTANA (Durio zibethinus) DI UPT. BIH GEDUNG JOHOR DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 3(1), 64–77. https://doi.org/10.36985/jak.v3i1.212