ANALISIS FINANSIAL DAN PEMASARAN DALI NI HORBO (Sudi Kasus: Desa Sabungan Nihuta, Kec. Ronggurnihuta, Kab. Samosir, Prov. Sumatera Utara)

Authors

  • Nelly M R Sinaga Universitas Darma Agung, Medan, Sumatera Utara
  • A Effendi Lubis Universitas Darma Agung, Medan, Sumatera Utara
  • Fintarius Lafau Universitas Darma Agung, Medan, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v2i2.204

Keywords:

Dali ni horbo, R/C ratio, ROI, Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: finansial usaha pengolahan susu kerbau menjadi Dali ni horbo, saluran pemasaran Dali ni horbo dan efisiensi pemasaran Dali ni horbo.  Penelitian dilaksanakan di Desa Sabungan Ni Huta, Kecamatan Ronggur Ni Huta,  Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut merupakan salah satu penghasil susu kerbau dan Dali ni horbo di Kabupaten Samosir. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang Metode analisis data yang digunakan adalah analisis nilai R/C ratio, Return On Inestment (ROI), deskriptif kuantitatif serta analisis marketing margin, price spread dan share margin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengolahan susu kerbau menjadi Dali ni horbomenghasilkannilai R/C sebesar 1.76 dan ROI sebesar 76.21 % dengan arti bahwa usaha Dali ni horbo menguntungkan sekaligus layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran Dali ni horbo di Desa Sabungan Ni Huta, Kecamatan Ronggur Ni Huta, Kabupaten Samosir terdiri dari 2 saluran. Saluran I yaitu : Pengolah Dali ni horbo(Produsen) → Rumah Makan → Konsumen, sedangkan saluran II yaitu : pengolah Dali ni horbo(Produsen) → Pedagang Pengecer → Rumah Makan → Konsumen. Efisiensi pemasaran  pada saluran I sebesar 15,00 %, sedangkan saluran pemasaran II sebesar 20,00 %.  Kedua efisiensi pemasaran tersebut lebih kecil dari 50 %, sehingga dapat dikatakan bahwa pemasaran Dali ni horbo untuk saluran I dan II tergolong efisien.  Saluran pemasaran I lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran II

Downloads

Published

2020-08-24

How to Cite

Sinaga, N. M. R. ., Lubis, A. E. ., & Fintarius Lafau. (2020). ANALISIS FINANSIAL DAN PEMASARAN DALI NI HORBO (Sudi Kasus: Desa Sabungan Nihuta, Kec. Ronggurnihuta, Kab. Samosir, Prov. Sumatera Utara). Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 2(2), 107–118. https://doi.org/10.36985/jak.v2i2.204