Penerapan Model Project Based Learning Berbentuk Flash Card Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.36985/e89e2489Keywords:
Project Based Learning, Flash Card, Menulis, Teks Cerita FabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning berbentuk flash card terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks fabel yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan metode pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media flash card dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Data dikumpulkan melalui tes menulis teks fabel sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada nilai post-test siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji statistik menggunakan SPSS, diperoleh hasil bahwa model Project Based Learning berbentuk flash card memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel. Dengan demikian, model ini efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, khususnya dalam teks cerita fabel
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Puspita Sari Nababan, Resmi Resmi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.