Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok

Authors

  • Juwita Isma Dewi MIS Islamiyah Sukatani, Pematangsiantar Author
  • Sinur Hutagaol Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/z8k3tc88

Keywords:

Project Based Learning, Kemampuan Menulis, Teks Eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X di SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat, kreativitas, serta kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi, yang diperburuk oleh dominasi penggunaan metode pembelajaran tradisional berbasis ceramah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design). Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan menulis teks eksposisi dalam bentuk pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik t-test melalui aplikasi SPSS versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks eksposisi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok. (2025). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 7(2), 157-176. https://doi.org/10.36985/z8k3tc88

Similar Articles

11-20 of 45

You may also start an advanced similarity search for this article.