PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANOMBEIAN PANEI

Authors

  • Vivi Universitas Simalungun
  • Tuti Ariani Nasution Universitas Simalungun
  • Rosmeri Saragih Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.726

Keywords:

Model Pembelajaran, Teks Eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. Metode penelitian pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Teknik pengumpulan data tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS Version 2.6 Windows. Hasil uji normalitas dilihat dari nilai sig. > 0,05 maka data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas 0,593 > 0,05 artinya data penelitian homogen atau sama. Hasil uji paired sample t-test sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 terdapat nilai ratarata pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok ekperimen pre-test 65,07 dan post-test 84,43. Nilai rata-rata pre-test kelompok kontrol 61,83 dan post-test 79,23. Model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan dan berpengaruh signifikan terhadap hasil menulis belajar teks eksplanasi. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Vivi, Nasution, T. A., & Saragih, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANOMBEIAN PANEI. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 5(1), 73–84. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.726

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>