PENGARUH TEKNIK THREE STEP INTERVIEW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPIAN DOLOK

Authors

  • Rizky Amalia SMP Negeri 1 Tapian Dolok, Simalungun
  • Rosmeri Saragih Universitas Simalungun
  • Resmi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.916

Keywords:

Teknik Three Step Interview, Teks Laporan Hasil Observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik three step interview terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapian Dolok. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Alasan penulis menggunakan metode tersebut bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh teknik three step interview dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berupa pre test dan post test. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh teknik pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks laporan menggunakan uji hipotesis dengan cara uji “t”. dari analisis data diperoleh thitung = 1,924 dan ttabel = 1,673 pada taraf signifikan 0,05% yang berarti thitung > ttabel. Analisis data diperoleh nilai rata – rata hasil belajar menggunakan teknik three step interview adalah 82,35. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik three step interview terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Rizky Amalia, Saragih, R., & Resmi. (2023). PENGARUH TEKNIK THREE STEP INTERVIEW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPIAN DOLOK. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 5(2), 60–80. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.916

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>