Analisa Faktor Pengaruh Purchase Intention Pada Pengguna Youtube Kota Batam Melalui Attitude Sebagai Mediasi

Authors

  • Chyntia Huang Universitas Internasional Batam
  • Renza Fahlevi Universitas Internasional Batam
  • Fitriana Aidnilla Sinambela Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v6i2.1057

Keywords:

Attitude, Entertainment, Informativeness, Credibility, Purchase Intention

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis faktor pengaruh purchase intention pada pengguna youtube kota batam melalui attitude sebagai mediasi. Metode penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah konsumen di kota Batam. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli sebuah produk karena melihat video ulasan dari konten creator yang ada di channel Youtube. Penelitian ini menggunakan tiga variabel indepen yaitu entertainment, informativeness dan credibility. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 354 kuesioner kepada responden dan data yang terkumpul diolah dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini ialah bahwa tiga variabel independen yaitu entertainment, informativeness dan credibility mempengaruhi attitude penonton video ulasan di Youtube dan ketiga variabel tersebut juga mempengaruhi niat beli konsumen terhadap sebuah produk/jasa yang ditayangkan di Youtube

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Chyntia Huang, Renza Fahlevi, & Sinambela, F. A. (2024). Analisa Faktor Pengaruh Purchase Intention Pada Pengguna Youtube Kota Batam Melalui Attitude Sebagai Mediasi. Jurnal Ekuilnomi, 6(2), 310–319. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v6i2.1057