Peran Tourism Website Pada Perilaku Wisatawan Dalam Menentukan Destinasi Wisata (Studi Ekonomi Kreatif Di Sumatera Utara)

Authors

  • Anne Rumondang Malau Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Krismanto E T Naibaho Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Toman Sony Tambunan Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Sorta Sihombing Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v6i2.1222

Keywords:

Tourism Website, Pariwisata, Ekonomi Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh kualitas, kegunaan, kepuasaan terhadap niat mengunjungi destinasi wisata.Meningkatnya hubungan antara sektor pariwisata dan sektor kreatif untuk memandu pengembangan ekonomi kreatif yang efektif.Situs Web perlu menyediakan sumber informasi yang bernilai lebih.Saat ini, sebagian besar situs web pariwisata menawarkan konten berharga untuk menarik wisatawan ke destinasi mereka.Dengan banyaknya pilihan destinasi wisata yang menyajikan produk-produk terkait destinasi tersebut (misalnya informasi dan gambar) melalui website, dan menjadi saluran informasi utama destinasi tersebut.Dengan asumsi website resmi mempunyai pengaruh positif terhadap potensi wisata. Proses pengambilan keputusan ini akan mempertimbangkan korelasi antara kualitas website destinasi dengan niat untuk terus menggunakannya, dan pengaruh selanjutnya terhadap niat mengunjungi destinasi tersebut. Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan LISREL dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah 100 sampel.Model pengukuran merupakan analisis faktor konfirmatori terhadap setiap variabel dan model struktural untuk melihat hubungan antar variabel yang diamati. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Informasitujuan web berpengaruh positif dan Signifikan terhadap niat untuk mengunjungi kembali, tujuan kegunaan webberpengaruh positif dan signifikan niat untuk mengunjungi kembali.Dari persamaan struktural diketahui bahwa masing-masing konstruk Destination Website Quality Information, Usefulness, Satisfaction mampu menjelaskan Intention to Visit Destination sebesar 100 % (R2= 1.00)

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Malau, A. R., Naibaho, K. E. T., Tambunan, T. S. ., & Sihombing, S. (2024). Peran Tourism Website Pada Perilaku Wisatawan Dalam Menentukan Destinasi Wisata (Studi Ekonomi Kreatif Di Sumatera Utara). Jurnal Ekuilnomi, 6(2), 370 –. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v6i2.1222