Peranan Digital Marketing Dalam Membantu Pengembangan UMKM Rangul Semarang

Authors

  • Misbakhul Arrezqi Politeknik Negeri Semarang
  • Dody Setyadi Politeknik Negeri Semarang
  • M Nahar Politeknik Negeri Semarang
  • Sugiyanta Politeknik Negeri Semarang
  • Dika Vivi Widyanti Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v5i2.805

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk analisa mengenai pengaruh dari digital marketing dalam pengembangan UMKM dan Penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data mengenai faktor-faktor pendukung dalam penerapan pemasaran digital bagi UMKM. UMKM Rangkul dibentuk sebagai respon terhadap dampak dari pandemi terhadap industri kuliner. Dengan strategi pemasaran digital, pelaku UMKM dapat mengembangkan usaha, menganalisis strategi kompetitor, dan meningkatkan penjualan produk mereka. Metode penelitian pada UMKM Rangkul menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis., dengan harapan memberikan panduan yang bermanfaat untuk para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital. Hasil penelitian menunjukkan pemilik UMKM menggunakan media sosial sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualannya Selain digunakan untuk media promosi, media sosial  juga dapat digunakan sebagai media promosi antara pelaku usaha dan konsumen, Media sosial juga dapat digunakan sebagai media untuk bertukar ilmu dan strategi bisnis baik bagi antar pelaku usaha maupun konsumen

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Misbakhul Arrezqi, Dody Setyadi, M Nahar, Sugiyanta, & Dika Vivi Widyanti. (2023). Peranan Digital Marketing Dalam Membantu Pengembangan UMKM Rangul Semarang. Jurnal Ekuilnomi, 5(2), 443–449. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v5i2.805