PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP NIAT BELI MINYAK GORENG SUNCO DI PASAR SWALAYAN MAJU BERSAMA GLUGUR
Keywords:
Kelapa Sawit, Keputusan Pembeli, TPB, Pengetahuan Produk, Brand AwarnessAbstract
Sebagai salah satu andalan sektor pertanian di Indonesia, kelapa sawit memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian negara. Komoditas ini tidak hanya menjadi sumber utama perolehan devisa, tetapi juga membuka banyak peluang kerja dan menyediakan bahan baku bagi beragam industri, termasuk produksi minyak goreng. Salah satu produk hasil olahan kelapa sawit adalah minyak goreng yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. PT. Musim Mas sebagai salah satu produsen minyak goreng nasional dengan merek SunCo menghadapi persaingan ketat seiring meningkatnya kebutuhan pasar dan kemunculan berbagai merek pesaing.Penelitian ini menerapkan kerangka kerja Teori Perilaku Terencana (TPB) untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang membentuk niat konsumen untuk membeli minyak goreng SunCo, dengan menggabungkan variabel inti sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan, bersama dengan dua faktor eksternal tambahan: pengetahuan produk dan kesadaran merek.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Theory of Planned Behavior (TPB) terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengkaji pengaruh product knowledge dan brand awareness terhadap keputusan konsumen untuk membeli minyak goreng SunCo di Supermarket Maju Bersama Glugur Kota Medan.Temuan penelitian ini diharapkan dapat menawarkan wawasan berharga bagi praktisi bisnis dalam merumuskan strategi pemasaran efektif yang selaras dengan perilaku konsumen.
As one of the mainstays of the agricultural sector in Indonesia, palm oil has a significant impact on the country's economy. This commodity is not only the main source of foreign exchange earnings, but also opens up many job opportunities and provides raw materials for various industries, including cooking oil production. One of the processed products of palm oil is cooking oil which is a staple food for the community. PT. Musim Mas as one of the national cooking oil producers with the SunCo brand faces tight competition along with increasing market demand and the emergence of various competing brands. This study applies the Theory of Planned Behavior (TPB) framework to explore the factors that shape consumer intentions to purchase SunCo cooking oil, by combining core variables of attitude, subjective norms, and perceived behavioral control, along with two additional external factors: product knowledge and brand awareness. The purpose of this study is to test the effect of Theory of Planned Behavior (TPB) on purchasing decisions, and to examine the effect of product knowledge and brand awareness on consumer decisions to purchase SunCo cooking oil at the Maju Bersama Glugur Supermarket in Medan City. The findings of this study are expected to offer valuable insights for business practitioners in formulating effective marketing strategies that are in line with consumer behavior.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL AGRILINK: KAJIAN AGRIBISNIS DAN RUMPUN ILMU SOSIOLOGI PERTANIAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.