HUBUNGAN KOGNITIF DAN AFEKTIF TERHADAP SELF REGULATION MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII MTs ISLAMIYAH GAJING TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Kognitif dan Afektif, Self Regulation, STAD, Zat AditifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan kogntif dan afektif terhadap self regulation dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada materi zat aditif di kelas VIII MTs Islamiyah Gajing Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah populasi sebanyak 156 orang yang terdiri dari 5 kelas dan sampel diambil secara Cluster
Random Sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1(VIII-3) 32 orang dan kelas eksperimen 2 (VIII-4) 32 orang. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Analisis data dilakukan dengan mencari ratarata (X̅), standart deviasi (S) dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 1 sebesar 85,03 dan kelas eksperimen 2 sebesar 84,37 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 0,66. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (2,951) > ttabel (1,998) pada taraf signifikansi = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 62, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hubungan kognitif dan afektif terhadap self regulation menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada materi zat aditif kelas VIII MTs Islamiyah Gajing Tahun Pelajaran 2022/2023. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan kognitif dan afektif terhadap self regulation melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division pada materi zat aditif kelas VIII MTs Islamiyah Gajing Tahun Pelajaran 2022/2023.