PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI SMA PADA MATERI SISTEM INDRA MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLANT (POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Bahan ajar, POE, Pengembangan, PeningkatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengembangan bahan ajar biologi SMA dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explant (POE). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan sampel yang diambil yaitu 1 kelas SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel sebanyak 48 siswa. Instrumen yang digunakan untuk melihat pengembangan bahan ajar biologi SMA yaitu lembar penilaian yang diisi oleh observe pada penilaian siswa dan validasi ahli pada mata pelajaran sistem indra manusia, sedangkan intrumen untuk melihat tingkat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dibagi dalam 2 pertemuan dengan masing-masing 10 soal setiap pertemuan. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung nilai rata-rata pretest dan posttets setiap pertemuan dan menghitung nilai observasi penilaian siswa dan validasi ahli. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa dan bahan ajar yang dapat diterapkan di SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar.