PENERAPAN MEDIA CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP SWASTA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR
Keywords:
Media Card Sort, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Boga Dasar dengan menerapkan Media Card Sort pada kelas VII-2 di SMP SWASTA YPK Pematang Siantar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 sebanyak 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas, model penelitian ini menggunakan siklus. Setiap siklus dalam penelitian meliputi empat komponen/tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur penguasaan materi, panduan observasi guru dan siswa dan angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar Pencemaran Lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media card sort dapat meningkatkan motivasi belajar Pencemaran Lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA saat kondisi awal termasuk dalam kategori sedang yaitu rata-rata pencapaian motivasi sebesar 55.93 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan media card sort pada siklus I rata-rata skor motivasi belajar Pencemaran Lingkungan mencapai angka 68.20 termasuk dalam kategori cukup baik dan setelah dilakukan perbaikan pada saat setiap indikator diselipkan pada setiap langkah dalam pembelajaran penerapan media card sort rata-rata skor motivasi belajar Pencemaran lingkungan pada siklus II mencapai angka 76.73 termasuk dalam kategori baik. Serta hasil tes penguasaan materi Pencemaran Lingkungan dalam kondisi awal termasuk dalam kategori kurang yaitu mencapai rata-rata 45.00 setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil tes penguasaan materi meningkat dengan rata-rata 70.16 termasuk dalam kategori cukup baik. Perbaikan oleh guru dilakukan pada tahap selanjutnya untuk meningkatkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa sehingga hasil tes penguasaan materi siklus II mencapai rata-rata 83.16 termasuk dalam kategori baik sekali.