PENGARUH MODEL PEMBELAJARANTHINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP BINA GUNA TANAH JAWA
Keywords:
Model TTW, Sistem ekskresi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar bagi siswa SMP Bina Guna Tanah Jawa. Model pembelajaran Think Talk Write tersebut untuk meningkatkan hasil belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi sistem ekskresi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen quasi (quasi-experimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 66 siswa. Penentuan subjek dilakukan secara acak, dimana kelas VIII 1 yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas control dan kelas VIII 2 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Walk terhadap hasil belajar IPA pada materi sistem ekskresi. Hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Think Talk Write (TTW) dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 10,973 > ttabel = 1,69), dapat disimpulkan bahwa model embelajaran Think Talk Write berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.