Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem ekskresi Kelas VIII MTs Swasta Al Washliyah Serbelawan
Keywords:
Model Pembelajaran inkkuiri, Media animasi, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri menggunakan media animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi kelas VIII MTs Swasta Al Washliyah Serbelawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 87 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster
Random Sampling. Instrumen penelitian ini digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi menggunakan tes dan angket. Dari hasil analisis data uji t (1) diperoleh t hitung (5,213) ≥ t tabel (2,005) pada taraf signifikan α=0,05 dengan derajat kebebasan dk= 28+28-2=54 maka H0 ditolak dan Ha diterima, Artinya kemampuan pemecahan masalah mempunyai pengaruh yang signifikan jika dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri. Sedangkan hasil analisis data uji t (2) diperoleh t hitung (5,942) ≥ t tabel (2,005) maka H0 ditolak dan Ha diterima, Artinya kemampuan pemecahan masalah mempunyai pengaruh yang signifikan jika dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan media animasi. Selanjutnya hasil analisis data uji F diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu Fhitung (5,072) > Ftabel (3.172), sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 di tolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri menggunakan media animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII MTs Swasta Al Washliyah Serbelawan.