PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAS AL WASHLIYAH SERBELAWAN
Keywords:
Penerapan, Think Talk WriteAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Biologi dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-1 MAS Al Washliyah Serbelawan yang berjumlah 40 siswa. Penelitian dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model kolaborasi yang mengutamakan kerjasama antara guru dan peneliti. Metode pengumpulan data pada penelitian berupa observasi dan tes berpikir kritis. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru dan siswa serta tes berpikir kritis yang berjumlah 20 soal. Sebelum dijadikan alat pengumpul data instrumen yang telah disusun terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas dan normalitas. Berdasarkan hasil penelitian, rata – rata hasil peningkatan berpikir kritis siswa yaitu pada siklus I sebesar 50% lalu meningkat pada siklus II sebesar 92,5%. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan
model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X MIPA-1 MAS Al Washliyah Serbelawan.