PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Dian Perayanti Sinaga Pendidikan Biologi FKIP Universitas Simalungun Author
  • Sumarny Tridelpina Purba Pendidikan Biologi FKIP Universitas Simalungun Author
  • Dinda Apsari Rahayu Pendidikan Biologi FKIP Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/s5kmfj39

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas VIII-A menggunakan Problem Based Learning dengan Strategi Metakognitif dan VIII-B menggunakan metode ceramah jumlah masing masing kelas 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t seperti diperoleh thitung 6,836 > ttabel (1,701) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. < 0.05 dan nilai thitung > ttabel, yang artinya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-20

How to Cite

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2021/2022. (2022). Jurnal Metabio, 4(2), 14-25. https://doi.org/10.36985/s5kmfj39

Similar Articles

1-10 of 68

You may also start an advanced similarity search for this article.