PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2021/2022
Keywords:
Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas VIII-A menggunakan Problem Based Learning dengan Strategi Metakognitif dan VIII-B menggunakan metode ceramah jumlah masing masing kelas 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t seperti diperoleh thitung 6,836 > ttabel (1,701) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. < 0.05 dan nilai thitung > ttabel, yang artinya