STUDI KOMPERASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
Keywords:
Perbandingan, Talking Stick, Snowball Throwing, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing pada materi sistem eksresi di kelas VIII SMP Swasta Bina Guna Tanah Jawa Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi eksperimen yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik pengambilan sampel jenuh (sensus) yang terdiri dari 2 kelas, dimana kelas VIII-1 dijadikan kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick yang berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas VIII-2 dijadikan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran tipe Snowball Throwing yang berjumlah 32 siswa, sehingga jumlah sampel 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata (X̅), standart deviasi (S) dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 1 sebesar 86,56 dan kelas eksperimen 2 sebesar 85,93 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 0,63. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (1,708) > ttabel (1,669) pada taraf signifikansi = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 32, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing pada materi sistem eksresi kelas VIII SMP Swasta Bina Guna Tanah Jawa Tahun Pelajaran 2021/2022. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing pada materi sistem eksresi di kelas VIII SMP Swasta Bina Guna Tanah Jawa Tahun Pelajaran 2021/2022.