PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SIDAMANIK

Authors

  • Fenny Mustika Piliang Universitas Simalungun Author
  • Romlayani Universitas Simalungun Author

Keywords:

Make A Match, , Picture And Picture, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match dengan picture and picture pada materi sistem ekskresi di kelas VIII SMP negeri 1 sidamanik. Jumlah populasi dalam  penelitian ini sebanyak 311 orang dan jumlah sampel sebanyak 64 orang siswa (cluster random sampling) yang terdiri dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen I dan VIII-C sebagai kelas eksperimen II. Analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata mean, median, modus, standar deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikansi a = 0,05. Nilai rata-rata pre-test kelas Eksperimen I sebesar 45,63 dan kelas Eksperimen II sebesar 42,34. Nilai post-test kelas Eksperimen I sebesar 81,88 dan kelas Eksperimen II sebesar 81,56 atau selisih 3,2. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (103,1) > (1,669), maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada pengaruh model pembelajaran make a match dengan picture and picture terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sidamanik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran make a match dengan picture and picture
terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 1 sidamanik.

Downloads

Published

2021-10-15