Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Talk Write (TTW) Pada Materi Evolusi
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Group Investigasion dan Think Talk WriteAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigasion (GI) dan Think Talk Write (TTW) pada materi evolusi di kelas XII SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Yayasan Perguruan Keluarga yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dengan jumlah 103 orang dan sampel penelitian adalah sebanyak 68 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII-IA1 sebanyak 34 orang sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Group Investigasion (GI) dan XII-IA2 sebanyak 34 orang sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 21 untuk mencari nilai rata-rata, standart deviasi dan hipotesis dibuktikan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Group Investigasion (GI) sebesar 79,26 dannilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sebesar 84,12. Dari hasil pengujian hipotesis menggunkan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 66 diperoleh thitung (3,91) > ttabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Talk Write (TTW) pada materi evolusi di kelas XII SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020.