Perbandingan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Dikelas VIII SMP kartika I-4

Authors

  • Fenny Mustika Piliang Universitas Simalungun Author

Keywords:

Model Pembelajaran, Talking Stick, Numbered Head Together, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Talking Stick dan NHT dikelas VIII SMP Kartika I-4 Pematangsiantar pada materi Sistem Pencernaan Manusia Tahun Pelajaran 2020/2021. penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas. diambil smpel dengan teknik pengambilan cluster random sampling di peroleh kelas VIII-1 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick yang berjumlah 23 siswa, sedangkan kelas VIII-3 dijadikan sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran NHT yang berjumlah 23 siswa, analisis data penelitian, mencari nilai rata-rata, standart deviasi, uji homogenitas, uji normalitas dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada kelas exsperimen I sebesar 85 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II sebesar 80. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t di peroleh thitung(3,63) > ttable (2,00), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterimah dan (Ho) ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Talking Stick dan NHT pada materi Sistem Pencernaan Manusia kelas VIII SMP Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Published

2021-04-10