Pendampingan Pemasaran UMKM Toko Arumi Shop Cabang Pematangsiantar Di Era 5.0

Authors

  • Risma Nurhaini Munthe
  • Sabrina Maharani Lamno
  • Ira Modifa
  • Sabrina Amelia Silitonga
  • Zafirah Rizky Amani
  • Dwi Putri Aisyah Harahap
  • Salian Syahandini Putri
  • Dermawan Perangin – Angin Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i2.856

Keywords:

Digital Marketing, Marketing 5.0

Abstract

Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang fashion wanita pada Toko Arumi Shop di Kota Pematang Siantar. UMKM ini berdiri sejak tahun 2020. Akan tetapi masih ada hal yang kurang yaitu dalam proses pemasarannya. Meskipun Toko Arumi Shop telah melakukan penjualan secara online, tetapi dari segi pemasarannya mereka masih kurang menarik dalam pengenalan produk. Oleh sebab itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu Toko Arumi Shop dalam pembuatan konten yang lebih menarik, agar konsumen menjadi tertarik membeli produk di Toko Arumi Shop melalui media sosial. Pembuatan konten memanfaatkan strategi pemasaran digital 5.0. Dari hasil pengabdian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan bisnis yang telah dilakukan oleh toko Arumi Shop sebenarnya telah berkembang dengan baik tetapi belum berjalan secara maksimal. Kemudian dilakukan pendampingan dengan cara survey lapangan terlebih dahulu dan berkoordinasi tentang permasalahan tentang apa saja yang terjadi di Toko Arumi Shop. Maka dari itu setelah adanya pendampingan ini, Toko Arumi Shop semakin berkembang dan semakin menarik pelanggan dengan penampilan konten yang lebih menarik

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Munthe, R. N. ., Lamno, S. M. ., Modifa, I., Silitonga, S. A. ., Amani, Z. R. ., Harahap, D. P. A. ., Putri, S. S. ., & Perangin – Angin, D. (2023). Pendampingan Pemasaran UMKM Toko Arumi Shop Cabang Pematangsiantar Di Era 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(2), 159–165. https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i2.856