Evaluasi Kepuasan Masyarakat terhadap Program 100 Hari Pemerintah Kota Bontang: Perspektif Partisipasi dan Pengelolaan Publik Tahun 2025
DOI:
https://doi.org/10.36985/3abycs69Kata Kunci:
Evaluasi Program, Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik, 100 Hari, BontangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan 17 program prioritas dalam 100 hari pertama masa kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang pada periode 2025–2030. Penelitian menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), menggabungkan metode kuantitatif dengan survei menggunakan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI) dan kualitatif melalui Focus Group Discussion (FGD). Survei melibatkan 739 responden dari 15 kelurahan di Kota Bontang. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat merasa puas terhadap program di bidang kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Namun, terdapat tantangan dalam koordinasi antarinstansi dan pengelolaan data sosial yang perlu diperbaiki untuk mendukung keberlanjutan program. Evaluasi berbasis partisipasi masyarakat terbukti menjadi alat penting dalam meningkatkan akuntabilitas dan kualitas pelayanan publik di daerah
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Syarifuddin Syarifuddin, Mikhael Edy Salamba, Palupi Setyo Hapsari (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



