Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Skincare Emina Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

Authors

  • Resna Napitu Universitas Simalungun
  • Mahaitin H Sinaga Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun
  • Risma N Munthe Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun
  • Johanes Wilfrid Pangihutan Purba Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v6i1.1170

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Brand Image, Minat Beli

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand image secara simultan terhadap minat beli skincare Emina, Untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan brand image secara parsial terhadap minat beli skincare Emina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument penelititian analisis data bersifat statistik diolah menggunakan SPSS versi 26. Untuk memperoleh data dalam penelitian skripsi ini, penulis menggunakan instrument angket (kuesioner) dalam bentuk google form. Dalam menganalisis data menggunakan regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa electronic word of mouth mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, demikian juga Brand image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Uji F menunjukkan EWOM dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth dan brand image secara bersama - sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Nilai Adjust R-Square yang diperoleh sebesar 0,910 (91,0%) hal ini menunjukkan bahwa variabel EWOM (X1) dan variabel Brand Image (X2) mempengaruhi variabel minat beli (Y) sebesar 91% sedangkan sisanya 9,0% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Napitu, R. ., Sinaga, M. H., Munthe, R. N., & Purba, J. W. P. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Skincare Emina Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 6(1), 78–94. https://doi.org/10.36985/manajemen.v6i1.1170

Most read articles by the same author(s)