Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Revisit Intention (Minat Kunjung) Wisatawan Pada Objek Air Terjun Bah Biak Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun

Authors

  • Damayanti Safitri Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun
  • Liharman Saragih Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun
  • Johanes Wilfrid Pangihutan Purba Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v5i1.660

Keywords:

Citra Wisata, Harga, Kualitas Pelayan, Lokasi, Minat Kunjung Ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang dominan mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan di Objek Wisata Air Terjun Bahbiak Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun, sampel yang diambil menggunakan accidental sampling sebanyak 100 orang.Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reabilitas dan KMO (Kaiser Meyer Olkin).Hasil penelitian menggunakan analisis faktorKMO (Kaiser Meyer Olkin) diperoleh Bartlett’s Test of Sphericity 0,902  Dari hasil analisis faktor  yang terbentuk adalah 4 faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang. Faktor 1 adalah variabel citra wisata memiliki nilai 0,840 dan merupakan faktor dominan pertama yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan di objek wisata Air Terjun Bahbiak, faktor 2 adalah kualitas pelayan yang memiliki nilai 0,801, merupakan faktor dominan kedua, dan yang masuk kedalam faktor 3 adalah harga yang memiliki nilai 0,777 sehingga merupakan faktor dominan ketiga, serta yang masuk kedalam faktor 4 adalah variabel lokasi yang memiliki nilai 0,636 sehingga lokasi merupakan faktor dominan keempat yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan di objek wisata Air Terjun Bahbiak

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Damayanti Safitri, Saragih, L., & Purba, J. W. P. (2023). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Revisit Intention (Minat Kunjung) Wisatawan Pada Objek Air Terjun Bah Biak Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.36985/manajemen.v5i1.660

Most read articles by the same author(s)