ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 JORLANG HATARAN

ANALYSIS OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL USING QUASI DESIGN EXPERIMENT ON THE HIGH SCHOOL STUDENTS' SCIENCE LEARNING OUTCOMES STATE 1 JORLANG HATARAN

Authors

  • Ika Rosenta Purba Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.29

Keywords:

Model Problem Based Learning (PBL), hasil belajar IPA, quasi eksperimen.

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) atau dapat diartikan sebagai pembelajaran berbasis masalah sangat perlu diterapkan di kelas - kelas pada mata pelajaran IPA di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), mengingat model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dapat menanamkan nilai - nilai karakter pribadi dan sosial, terutama prestasi belajar melalui peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dalam penelitian ini model PBL menunjukkan nilai rata - rata post tes yang tinggi (8,04) di banding kelas kontrol yang tidak menerapkan model PBL (6,87), dimana ada perbedaan nilai sebesar 1,17.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Purba, I. R. (2021). ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 JORLANG HATARAN: ANALYSIS OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL USING QUASI DESIGN EXPERIMENT ON THE HIGH SCHOOL STUDENTS’ SCIENCE LEARNING OUTCOMES STATE 1 JORLANG HATARAN. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(1), 26–34. https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)