ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 JORLANG HATARAN
ANALYSIS OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL USING QUASI DESIGN EXPERIMENT ON THE HIGH SCHOOL STUDENTS' SCIENCE LEARNING OUTCOMES STATE 1 JORLANG HATARAN
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.29Keywords:
Model Problem Based Learning (PBL), hasil belajar IPA, quasi eksperimen.Abstract
Model Problem Based Learning (PBL) atau dapat diartikan sebagai pembelajaran berbasis masalah sangat perlu diterapkan di kelas - kelas pada mata pelajaran IPA di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), mengingat model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, dapat menanamkan nilai - nilai karakter pribadi dan sosial, terutama prestasi belajar melalui peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dalam penelitian ini model PBL menunjukkan nilai rata - rata post tes yang tinggi (8,04) di banding kelas kontrol yang tidak menerapkan model PBL (6,87), dimana ada perbedaan nilai sebesar 1,17.
Downloads
Published
2021-04-30
How to Cite
Purba, I. R. (2021). ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN QUASI EKSPERIMEN DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 JORLANG HATARAN: ANALYSIS OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL USING QUASI DESIGN EXPERIMENT ON THE HIGH SCHOOL STUDENTS’ SCIENCE LEARNING OUTCOMES STATE 1 JORLANG HATARAN. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(1), 26–34. https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Ika Rosenta Purba
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.