PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

COMPARISON OF STUDENT LEARNING OUTCOMES USING GROUP INVESTIGATION AND NUMBERED LEARNING MODELS HEAD TOGETHER ON ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIALS IN CLASS VII SMP NEGERI 8 PEMATANGSIANTAR 2019/2020 ACADEMIC YEAR

Authors

  • Ika Rosenta Purba Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v3i2.562

Keywords:

Model Pembelajaran, Group Investigation, Numbered Head Together, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020, yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 340 orang. Proses penentuan sampel dilakukan secara acak kelas atau cluster random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajarn Group Investigation dan kelas VII-A sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Analisis data diakukan dengan mencari nilai rata-rata, standar deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikasi α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebesar 44,86 dan 40,27. Nilai post-test kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebesar 83,78 dan 87,03 dengan perbedaan sebesar 3,25. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung (2,517) > ttabel (1,66629), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Numbered Head Together pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 8 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Purba, I. R. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020: COMPARISON OF STUDENT LEARNING OUTCOMES USING GROUP INVESTIGATION AND NUMBERED LEARNING MODELS HEAD TOGETHER ON ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIALS IN CLASS VII SMP NEGERI 8 PEMATANGSIANTAR 2019/2020 ACADEMIC YEAR. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(2), 66–77. https://doi.org/10.36985/jmo.v3i2.562

Most read articles by the same author(s)