Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Swasta Taman Ilmu Perlanaan Kecamatan Bandar Simalungun Tahun Pelajaran 2019/2020
The Influence of Motivation on Science Learning Achievement for Class VIII Private Junior High School Students Travel Science Park, Bandar Simalungun District 2019/2020 Academic Year
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.32Keywords:
Pengaruh, Motivasi Belajar, prestasi belajar IPAAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Swasta Taman Ilmu Perlanaan Kecamatan Bandar SimalungunTahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi dengan jumlah 52 orang yang Terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tentang Motivasi Belajar variabel (X) dan Daftar Kumpulan Nilai (DKN) mid semester untuk mengetahui prestasi belajar IPA (variabel Y). Dari pengujian hipotesa diperoleh thitung > Sig. (2-tailed), (2.694> 0.010) maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang sangat signifikan antara Motivasi Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Swasta Taman Ilmu Perlanaan Kecamatan Bandar Simalungun Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi linear : Ŷ = 86.411 X + 0.057. Persamaan menunjukkan bahwa Prestasi Belajar IPA siswa dipengaruhi oleh Motivasi. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif Motivasi terhadap prestasi belajar IPA dapat diterima. 2). Berdasarkan analisis regresi linier sederhana (uji F) diperoleh Fhitung (0.230) > Fsig. (0.0633), maka dapat disimpulkan bahwa koefisien arah regresi linear signifikan dengan kontribusi koefisien korelasi sebesar 0.068 sehingga koefisien determinannya 4,6 % korelasi sangat rendah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Juliana Rolinca Siburian, Joni Wilson Sitopu
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.