KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBASIS MEDIA ANIMASI

Authors

  • Joni Wilson Sitopu Universitas Simalungun
  • Thiur Dianti Siboro Universitas Simalungun
  • Nur Annisa Batubara Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v5i2.872

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Belajar, Talking Stick, Media Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi belajar siswa setelah diterapkannya model Talking Stick berbasis media animasi pada materi Kingdom Animalia di kelas X SMA YPK Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 33 siswa yang akan diberikan perlakuan dengan menggunakan model Talking Stick berbasis Media Animasi dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa yang akan diberikan perlakuan dengan menggunakan metode ceramah atau konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Analisis data dilakukan dengan mencari uji normalitas, uji homogenitas, n-gain score, dan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari perhitungan diperoleh nilai rata-rata pretest kontrol (X MIPA 2) 40,96, dan kelas eksperimen (X MIPA 3) 43,15. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol (X MIPA 2) 70,84 dan kelas eksperimen (X MIPA 3) 83,27. Analisis uji t untuk data kemampuan komunikasi belajar siswa diperoleh tsig = 0,000. Kriteriaya adalah jika nilai sig. < 0,05 maka Ho ditolak. Dari hasil signifikan equal variances assumed adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi Kingdom Animalia di kelas X SMA YPK Pematangsiantar.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Sitopu, J. W., Siboro, T. D., & Batubara, N. A. (2023). KEMAMPUAN KOMUNIKASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBASIS MEDIA ANIMASI. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 5(2), 1–13. https://doi.org/10.36985/jmo.v5i2.872

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>