PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v4i2.435Keywords:
Think Pair Share, Make A Match, Hasil BelajarAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : Pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi, Keaktifan siswa masih kurang ketika berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, Daya serap peserta didik rendah, Guru masih sering menggunakan model ceramah, sehingga penjelasan guru masih bersifat abstrak. Tujuan penelitan ini adalah ; Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dan make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar. Metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment Design. Desain penelitian berbentuk Two Group Randomized Posttest - Only Control Design. Setelah dilakukan tes awal (pretest) pada kedua kelas, selanjutnya dilaksanakan pembelajaran dengan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan model pembelajaran Make A Match. Setelah proses pembelajaran selesai, selanjutnya dilakukan tes akhir (posttest). Berdasarkan analisis penelitian, diperoleh 1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Make A Match; 2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match; dan 3) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Make A Match.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Joni Wilson Sitopu, Ika Rosenta Purba, Emi Frihatini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.