PENGARUH PEMENUHAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP YP KELUARGA PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • Elmas Dwi Ainsyiyah Prodi PPKn FKIP USI , Penulis
  • Christian Daniel Hermes Prodi PPKn FKIP USI , Penulis
  • Misran Misran Prodi PPKn FKIP USI , Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/hmwa6h75

Kata Kunci:

Psikologis, Motivasi Belajar, Pengaruh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemenuhan kebutuhan psikologis dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP YP Keluarga Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mengamati gelaja-gejala dan peristiwa yang terjadi saat ini, untuk mengetahui hubungan antara variabel penelitian yang telah ditetapkan yaitu hubungan pengaruh kebutuhan pemenuhan psikologis dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dan dan studi dokumentasi yang kemudian diolah dengan koefisien korelasi product Moment . Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Moment diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara pemenuhan kebutuhan psikologis dengan prestasi belajar siswa (rxy = 0,212 ; p < 0.010). Artinya semakin tinggi pemenuhan kebutuhan psikologis yang diterima siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa tersebut. Adapun koefisien diterminan hubungan ini adalah sebesar (r2 = 0,045) yang berarti 4,5% prestasi dibentuk oleh pemenuhan kebutuhan psikologis dan sisanya 65,5% dibentuk oleh faktor-faktor lain. Melalui perhitungan perbandingan mean hipotetik dan mean empirik diketahui bahwa subjek peneliti memperoleh pemenuhan kebutuhan psikologi yang tinggi karena mean hipotetik (36) lebih kecil (<) dari mean empirik (61,277)

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-10-30

Cara Mengutip

PENGARUH PEMENUHAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP YP KELUARGA PEMATANGSIANTAR. (2020). Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 21-30. https://doi.org/10.36985/hmwa6h75

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama