PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENINGKATKAN ETIKA ANAK DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURBA SIMPANG HARANGGAOL KECAMATAN PURBA KABUPATEN SIMALUNGUN
DOI:
https://doi.org/10.36985/m7aam487Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Etika, Anak DidikAbstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Purba Simpang Haranggaol Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, dan peneliti telah menetapkan kelas VII sebagai sampel didalam penelitian ini. Penganalisaan data dilakukan dengan memakai metode deskriptif kualitatif, dimana pada akhirnya didapatkan hasil penelitian bahwa telah ada pengaruh pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan etika anak didik di SMP Negeri 2 Purba Simpang Haranggaol Kabupaten Simalungun. Sekolah merupakan suatu lembaga yang dapat mendorong anak-anak didik yang memililki moral dan etika yang baik. Dibandingkan dengan anak yang tidak memilliki pendidikan formal atau sekolah, maka pengetahuan etika orang yang tidak bersekolah tersebut lebih atau kurang daripada anak-anak yang bersekolah. Etika berupa refleksi kritis untuk menentukan pilihan, sikap dan bertindak secara benar ketika terjadi dilema dalam menentukan kegardaan moral yang sama-sama sah dalam kehidupan. Pengaruh pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan etika anak didik di SMP Negeri 2 Purba Simpang Haranggaol Kabupaten Simalungun sangat besar dimana telah di buktikan didapatkan hasil analisis jawaban yakni sebanyak 98, 4%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Imman Yusuf Sitinjak, Elmas Dwi Ainsyiyah, Dearmina Purba (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.