Hubungan Guru Profesional Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2020/2021

Penulis

  • Gusliana Sari Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis
  • Asnewastri Asnewastri Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis
  • Andres M Ginting Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/c2g50a61

Kata Kunci:

Guru Profesional, Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, Madrasah Aliyah, Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara guru profesional dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran daring di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam era pandemi COVID-19, pembelajaran daring menjadi metode utama yang diterapkan di berbagai lembaga pendidikan, termasuk di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak. Kualitas guru yang profesional diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, terutama dalam kondisi pembelajaran yang serba terbatas ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk mengetahui seberapa besar pengaruh guru profesional terhadap prestasi belajar peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 30 guru dan 100 siswa yang terlibat dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa, yang dibuktikan dengan nilai korelasi yang kuat. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan profesionalisme guru dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran daring yang lebih efektif di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

05/30/2023

Cara Mengutip

Hubungan Guru Profesional Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2020/2021. (2023). Jurnal Nagur, 3(1), 26-37. https://doi.org/10.36985/c2g50a61

Artikel Serupa

1-10 dari 18

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama