Peranan Guru Kelas Pada Masa Pandemi Covid 19 Dalam Sistem Pembelajaran Luring Pada Mata Pelajaran IPS DI SD 097359 Pondok Baru
DOI:
https://doi.org/10.36985/ybyqn420Kata Kunci:
Peranan Guru, Pembelajaran Luring, Pandemi COVID-19, IPS, SD 097359 Pondok Baru, PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan guru kelas pada masa pandemi COVID-19 dalam sistem pembelajaran luring (luar jaringan) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD 097359 Pondok Baru. Pandemi COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara terbatas dan tanpa tatap muka langsung, memberikan tantangan besar bagi para guru dalam menyampaikan materi pelajaran, khususnya dalam mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas memiliki peranan yang sangat penting dalam menyusun strategi pembelajaran yang efektif, mendampingi siswa dalam memahami materi, serta memotivasi siswa untuk tetap aktif meskipun pembelajaran dilakukan secara luring. Guru juga berperan dalam berkomunikasi dengan orang tua untuk memastikan proses belajar anak tetap berjalan dengan baik. Meskipun terdapat keterbatasan dalam hal aksesibilitas teknologi dan fasilitas pendukung, peranan guru dalam memberikan bimbingan, menyediakan materi yang mudah diakses, serta memanfaatkan media komunikasi seperti telepon dan grup WhatsApp terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran IPS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tantangan besar dihadapi selama pandemi, peranan guru kelas tetap krusial dalam menjaga kelangsungan pembelajaran yang berkualitas
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Narmawati Gultom, Asnewastri Asnewastri, Ahmad Fakhri Hutauruk Hutauruk (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.