PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 7 SERBALAWAN TAHUN 2023

Authors

  • Fauziyah Nur Mardhiyah Universitas Simalungun

Keywords:

Window shopping, meningkatkan, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari hasil belajar siswa yang menurun, siswa tidak menguasai konsep sejarah karena apa yang dipelajarinya, dan tidak memiliki semangat belajar yang besar. Usaha untuk mengawasi hal tersebuat yaitu melalui inovasi baru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proses belajar mengajar tidak terlepas dari model pembelajaran yang diterapkan. Model pembelajaran Window Shopping adalah model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan jenis One-Group PreTest PostTest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ips1 sebanyak 36 siswa. Hasil analisi data statistik deskriptif dalam penelitian ini diterima karena terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang konkret pada penerapan model pembelajaran Window Shopping materi kerajaan-kerajaan hindu-budhha di Indonesia pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 7 Sebalawan berdasarkan hasil Pretest siswa 63,88% dengan kategori rendah dan hasil Posttest 86,11% dengan kategori sangat tinggi.

Published

2023-11-26