PENERAPAN TALKING STICK MODEL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS VII MTs AL -IKHLAS SAIT BUNTU PAMATANG SIDAMANIK

Authors

  • Nani Syahrifah Universitas Simalungun

Keywords:

Talking Stick, Peningkatan, Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIIMTs Al -Ikhlas Sait Buntu, khususnya pada beberapa kelas VII, ternyata kemauan dan kepercayaan diri siswa untuk menjawab maupun bertanya mengenai materi yang telah dipelajari dari gurunya masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan pada hasil ulangan pelajaran IPS sejarah sebelumnya dari kelas VII dimana dari jumlah 24 siswa di kelas tersebut, terdapat 9 siswa atau 37,5% yang mendapatkan nilai di atas KKM (70), sedangkan sisanya 15 siswa atau 62,5% masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Penerapan model pembelajaran Talking Stick menjadi salah satu alternatif yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Talking Stick pada pembelajaran IPS sejarah siswa kelas VII MTs Al -Ikhlas Sait Buntu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, siswa dan lembar tes. Hasil penelitian diperolehaktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada siklus I persentase 90% meningkat menjadi 97% pada siklus II.Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick siklus I diperoleh persentase 50% termasuk kategori cukup baik dan meningkat menjadi 86% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Hasil Belajar siswa pada siklus I ketuntatasan hanya 48% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89% dengan demikian ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII pada siklus II telah mencapai nilai KKM minimal 75%.

Published

2023-11-26