Hubungan Guru Profesional Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Gusliana Sari Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Author
  • Asnewastri Asnewastri Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Author
  • Andres M Ginting Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/c2a27d27

Keywords:

Guru Profesional, Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, Madrasah Aliyah, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara guru profesional dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran daring di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam era pandemi COVID-19, pembelajaran daring menjadi metode utama yang diterapkan di berbagai lembaga pendidikan, termasuk di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak. Kualitas guru yang profesional diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, terutama dalam kondisi pembelajaran yang serba terbatas ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk mengetahui seberapa besar pengaruh guru profesional terhadap prestasi belajar peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 30 guru dan 100 siswa yang terlibat dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa, yang dibuktikan dengan nilai korelasi yang kuat. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan profesionalisme guru dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran daring yang lebih efektif di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-30

How to Cite

Hubungan Guru Profesional Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Swasta YMI Sinaksak Tahun Pelajaran 2020/2021. (2023). Jurnal Nagur, 1(1), 26-37. https://doi.org/10.36985/c2a27d27