PERENCANAAN PERHITUNGAN ANGGARAN BIAYA BIDANG BINA MARGA PENDUKUNG SPESIFIKASI TAHUN 2018 PADA PEMBANGUNAN RUAS JALAN SIMPANG MARIHAT – GERAK TANI KECAMATAN SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Asril Nizar Universitas Simalungun
  • Ira Modifa Universitas Simalungun
  • Nawarta Purba Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jsl.v2i1.479

Keywords:

Anggaran Biaya, Jalan, Perencanaan

Abstract

Perencanaan suatu bangunan harus sesuai dengan bentuk dan dapat bermanfaat dalam pengunaannya, serta besar biaya sesuai dengan perhitungan awal. Recana Anggaran Biaya adalah Perkiraan nilai uang dari suatu kegaiatan (Proyek) yang telah memperhitungkan gambar - gambar  bestek serta rencana kerja, daftar upah, daftar harga bahan, buku analisis, daftar susunan rencana biaya, serta daftar jumlah tiap jenis pekerjaan (J.A. MUKOMOKO – Buku Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Bangunan 1987).

Langkah yang dilakukan untuk perencanaan jalan serta menghitung Rencana Anggaran Biaya adalah mengidentifikasi setiap item pekerjaan yang ada di dalam proyek yang sedang dihitung. Dalam penelitian ini penulis melakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya dengan metode Bina Marga dengan memakai Spesifikasi Umum Tahun 2018.

 Karakteristik ruas jalan yang ada didominasi oleh pekerjaan lanjutan dan rekonstruksi, sehingga dalam pelaksanaan di perlukan suatu analisis terhadap kondisi jalan sebelum nya. Hal ini di mungkinkan karena karakteristik perkerasan yang ada tidak akan sama dengan karakteristik perkerasan ruas jalan yang akan direncanakan. Dalam melakukan tahap lanjutan khususnya dalam perancanaan ruas jalan sangat diperlukan kordinasi dengan instansi terkait, khususnya tim teknis Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Simalungun.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Asril Nizar, Ira Modifa, & Purba, N. (2022). PERENCANAAN PERHITUNGAN ANGGARAN BIAYA BIDANG BINA MARGA PENDUKUNG SPESIFIKASI TAHUN 2018 PADA PEMBANGUNAN RUAS JALAN SIMPANG MARIHAT – GERAK TANI KECAMATAN SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN. Jurnal Santeksipil, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.36985/jsl.v2i1.479

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>