PENINGKATAN JALAN MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN PROVINSI PARSOBURAN – BTS. LABUHAN BATU UTARA KAB. TOBA

Authors

  • Deardo Samuel Saragih Universitas Simalungun
  • Virgo E Purba Universitas Simalungun
  • Raidon Sipayung Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jsl.v3i1.528

Keywords:

Perkerasan Kaku, Beban Ekivalen dan Bina Marga 2003

Abstract

Ruas Jalan Parsoburan-Bts Labuhan Batu Utara merupakan bagian dari sistem transportasi sebagai pelayanan sarana infrastruktur bagi dampak pertumbuhan jumlah penduduk. Guna memenuhi kebutuhan tersebut perencanaan perkerasan baru diperlukan untuk melayani kebutuhan lalu lintas di masa yang akan datang. Perkerasan kaku adalah suatu susunan konstruksi perkerasan dimana sebagai lapisan atas dipergunakan pelat beton, yang terletak di atas pondasi atau langsung diatas tanah dasar (Bina Marga, 2003). Konsep dari perencanaan perkerasan kaku (beton semen) cara Bina Marga direncanakan terhadap konfigurasi beban sumbu yang mengakibatkan tegangan terbesar pada pelat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tebal lapis perkerasan kaku yang dibutuhkan, dan mengetahui biaya pembangunan perkerasan kaku pasa ruas jalan provinsi parsoburan – bts labuhan batu utara kaupaten Toba. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui survey data lalu lintas harian pada jalur terseut dan nilai CBR dari Kementrian Pekerjaan Umum. Data yang diperoleh digunakan untuk menghitung tebal perkerasan kaku dengan Metode Bina Marga 2003 adalah 24 cm dengan biaya Rp. 22.225.770.000,- dan tulangan berdiamet 16 mm dengan jarak 500 mm

Downloads

Published

2022-04-10

How to Cite

Saragih, D. S., Purba, V. E. ., & Sipayung, R. (2022). PENINGKATAN JALAN MENGGUNAKAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUAS JALAN PROVINSI PARSOBURAN – BTS. LABUHAN BATU UTARA KAB. TOBA. Jurnal Santeksipil, 3(1), 28 –. https://doi.org/10.36985/jsl.v3i1.528

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>