Peningkatan Jalan Menggunakan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Provinsi Parsoburan – BTS Labuhan Batu Utara Kabupaten Toba
DOI:
https://doi.org/10.36985/jsl.v4i1.886Keywords:
Perkerasan Kaku, Ruas Jalan, Lalu LintasAbstract
Jalan raya adalah salah satu prasarana yang akan mempercepat pertumbuhan dan pengembangan suatu daerah serta akan membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah. Untuk mewujudkan peningkatan jalan diperlukan dana yang tidak sedikit, sehingga pemerintah dituntut melakukan manajemen pemeliharaan menggunakan 2 metode yang paling efektif agar terwujud manajemen yang baik dan tetap ekonomis. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan cara deskripftif, yaitu dengan memusatkan pada masalah yang ada pada saat sckarang dimana keadaan lalu lintas di tempat penelitian dapat diperolch data yang akurat dan cermat. Perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan. Beton yang digunakan untuk struktur atas adalah K-300 dengan ketebalan 19 cm, disesuaikan dengan perhitungan perencanaan tebal perkerasan. Pondasi bawah beton kurus menggunakan beton mutu K-125 dengan ketebalan 10 cm . Urugan pasir bawah pondasi menggunakan agregat kelat A dengan ketebalan rata - rata 5 cm menyesuaikan dengan kondisi existing jalan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Santeksipil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.