Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei

Authors

  • Vivi Deviani Universitas Simalungun Author
  • Tuti Ariani Nasution Universitas Simalungun Author
  • Rosmeri Saragih Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/8gf25737

Keywords:

Model Pebelajaran, Teks Eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. Metode penelitian pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Teknik pengumpulan data tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS Version 2.6 Windows. Hasil uji normalitas dilihat dari nilai sig. > 0,05 maka data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas 0,593 > 0,05 artinya data penelitian homogen atau sama. Hasil uji paired sample t-test sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 terdapat nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok ekperimen pre-test  65,07 dan post-test 84,43. Nilai rata-rata pre-test kelompok kontrol 61,83 dan post-test 79,23. Model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan dan berpengaruh signifikan terhadap hasil menulis belajar teks eksplanasi. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya

Downloads

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 77-88. https://doi.org/10.36985/8gf25737

Similar Articles

1-10 of 39

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>