Analisis Perilaku Impulse Buying Pada Diskon Live Streaming Di E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Trunojoyo
DOI:
https://doi.org/10.36985/zz9zfp86Keywords:
Pembelian Impulsif, Diskon Live, E-commerce Shopee, Perspektif Bisnis SyariahAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meneliti perilaku impulse buying pada mahasiswa Ekonomi Syariah dalam e-commerce shopee yang ditinjau dari perspektif bisnis syariah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini melibatkan metode pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan terhadap informan. Informan dari penelitian ini yaitu mahasiswa Ekonomi Syariah yang melakukan pembelian secara online melalui marketplace shopee pada saat event diskon 50% live streaming. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa, mahasiswa ekonomi syariah UTM termasuk kedalam kategori impulse buying, diantaranya pure impulse buying, suggestion impulsive buying, dan plannedimpulse buying. Walaupun demikian mahasiswa ekonomi Syariah UTM tetap memahami dan memperhatikan prinsip - prinsip bisnis syariah. Diantaranya, Prinsip Illahiyah, Prinsip Nabawi, Prinsip Adliyah, Prinsip Hurriyah, dan Prinsip Musawwah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alifa Salmah, Muhammad Erysa Faraby
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.