Eksplorasi Brand Equity Smartphone Samsung: Insight Dan Tantangan Di Wilayah Jakarta

Authors

  • Muhammad Abdullah Universitas Nusa Mandiri Author https://orcid.org/0000-0002-7573-8865
  • Hary Mulyadi Universitas Nusa Mandiri Author
  • Oby Eko Purwanto Universitas Nusa Mandiri Author
  • Valentine Theresia Simamora Universitas Nusa Mandiri Author
  • Ati Chandrasari Universitas Nusa Mandiri Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/svkeav98

Keywords:

Brand Equity, Smartphone, Samsung, Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis brand equity Samsung dalam pemasaran smartphone di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method yang mengintegrasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Tujuan utama penelitian adalah memberikan pemahaman mendalam tentang kondisi seluruh dimensi brand equity dari sudut pandang konsumen serta sebagai bentuk penggambaran posisi Samsung di mata responden. Metodologi pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih responden yang telah berusia minimal 17 tahun, tinggal di kota Jakarta serta memiliki pengalaman langsung menggunakan smartphone dengan merek Samsung. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survei terstruktur yang dirancang untuk menguji hipotesis terkait brand association menggunakan uji Cochran. Di sisi lain, data kualitatif diperoleh dari wawancara mendalam dengan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan wawasan lebih dalam mengenai konteks brand awareness, brand perceived quality, dan brand loyalty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Samsung memiliki brand equity yang kuat di Jakarta. Brand awareness Samsung sangat baik dimana konsumen mengenali merek ini sebagai simbol kualitas dan keandalan dalam produk smartphone. Responden juga memberikan penilaian positif terhadap asosiasi merek Samsung, responden melihat Samsung sebagai merek smartphone dari perusahaan yang terpercaya serta punya desain handphone yang unik. Dalam hal kualitas, responden menilai produk Samsung sangat baik, dengan penekanan pada inovasi, kualitas audio superior, dan layar berkualitas tinggi (resolusi dan kejernihan). Penelitian ini memberikan kontribusi strategis dengan mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu diperbaiki dalam brand equity Samsung. Rekomendasi untuk perusahaan Samsung ke depannya adalah untuk melakukan kampanye pemasaran yang rutin menyoroti keunggulan produk dan inovasi terbaru. Selain itu, disarankan agar Samsung bekerja sama dengan desainer ternama atau merek fashion untuk menciptakan edisi terbatas smartphone yang punya desain unik, sehingga ekuitas merek Samsung dapat terjaga dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Abdullah, M., Mulyadi, H., Eko Purwanto, O. ., Theresia Simamora, V., & Chandrasari, A. (2024). Eksplorasi Brand Equity Smartphone Samsung: Insight Dan Tantangan Di Wilayah Jakarta. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(3), 460 – 475. https://doi.org/10.36985/svkeav98

Similar Articles

11-17 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.