Pembelajaran Pelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual

Authors

  • Abdul Muis Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun
  • Ulung Napitu Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun
  • Hisarma Saragih Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun

Keywords:

Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran sejarah dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini berupa Studi Kepustakaan (Library Research) sebagai upaya dalam mengumpulkan informasi dan data dengan memanfaatkan dari sumber- sumber tertulis yang ada di perpustakaan misalnya buku - buku, surat kabar, majalah, dokumen - dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Hasil penelitian, melalui pembelajaran sejarah guru dapat mengembangkan pemahaman peserta didik tentang masa lalu dengan melakukan pembelajaran yang dapat menghubungkan antara materi sejarah dengan situasi nyata di sekitar peserta didik, sehingga peserta didik dapat menggambarkan peristiwa masa lalu tesebut seperti yang ada dalam pelajaran sejarah. Adapun inovasi tersebut dikenal dengan istilah pembelajaran kontekstual yang memiliki prinsip-prinsip, asas - asas dalam penerapannya dengan mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata peserta didik sehari - hari, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun warga negara, dengan tujuan untuk menemukan makna materi tersebut bagi kehidupannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran konstektual dapat membantu peserta didik mempelajari sejarah masa lalu dengan siatuasi nyata disekitarnya

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Abdul Muis, Napitu, U., & Saragih, H. (2023). Pembelajaran Pelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual . Jurnal PIPS Terpadu, 1(1), 7–17. Retrieved from https://jurnal.usi.ac.id/index.php/JPIPST/article/view/1350