Analisis Peranan Guru Sejarah Dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas Pada Proses Pembelajaran Online
Keywords:
Penguatan Pendidikan Karakter, Peran Guru Sejarah, Pembelajaran OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran guru sejarah dalam pengimplementasian penguatan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Atas khususnya selama proses pembelajaran online akibat dari pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif model interaktif dari Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pertimbangan subjek penelitiannya dilakukan secara purposive sampling yakni seluruh guru sejarah yang masih aktif mengampu mata pelajaran sejarah serta peserta didik yang tergolong dalam kelas yang dinilai aktif di SMA yang memenuhi syarat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran online, guru sejarah telah menjalankan perannya dalam upaya pengimplementasian penguatan pendidikan karakter seperti sebagai perancang pembelajaran, pengelola pembelajaran, pengarah pembelajaran, evaluator pembelajaran, dan konselor dalam pembelajaran yang kesemua unit tersebut telah diintegrasikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter sebesar 94,44% dari total keseluruhan nilai-nilai karakter yang tersedia, meski 5,56% nilai - nilai karakter yang tidak terlaksana meliputi nilai karakter kreatif. Kendala dalam ketidaktercapaiannya nilai karakter tersebut diakibatkan oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi adanya kendala dalam pembelajaran yang disebabkan keterbatasan tatap muka dan jam pembelajaran hasil dari kebijakan sekolah berupa pembelajaran online sebagai solusi dari social distancing akibat pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung. Faktor internal disebabkan oleh kurang adanya karakter adaptif pada guru sejarah khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang penugasan maupun pembelajaran online
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Togarman Damanik, Ulung Napitu, Hisarma Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.