Analisis Peranan Guru Sejarah Dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas Pada Proses Pembelajaran Online

Authors

  • Togarman Damanik Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun
  • Ulung Napitu Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun
  • Hisarma Saragih Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun

Keywords:

Penguatan Pendidikan Karakter, Peran Guru Sejarah, Pembelajaran Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran guru sejarah dalam pengimplementasian penguatan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Atas khususnya selama proses pembelajaran online akibat dari pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif model interaktif dari Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pertimbangan subjek penelitiannya dilakukan secara purposive sampling yakni seluruh guru sejarah yang masih aktif mengampu mata pelajaran sejarah serta peserta didik yang tergolong dalam kelas yang dinilai aktif di SMA yang memenuhi syarat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran online, guru sejarah telah menjalankan perannya dalam upaya pengimplementasian penguatan pendidikan karakter seperti sebagai perancang pembelajaran, pengelola pembelajaran, pengarah pembelajaran, evaluator pembelajaran, dan konselor dalam pembelajaran yang kesemua unit tersebut telah diintegrasikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter sebesar 94,44% dari total keseluruhan nilai-nilai karakter yang tersedia, meski 5,56% nilai - nilai karakter yang tidak terlaksana meliputi nilai karakter kreatif. Kendala dalam ketidaktercapaiannya nilai karakter tersebut diakibatkan oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi adanya kendala dalam pembelajaran yang disebabkan keterbatasan tatap muka dan jam pembelajaran hasil dari kebijakan sekolah berupa pembelajaran online sebagai solusi dari social distancing akibat pandemi COVID-19 yang tengah berlangsung. Faktor internal disebabkan oleh kurang adanya karakter adaptif pada guru sejarah khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang penugasan maupun pembelajaran online

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Damanik, T., Napitu, U., & Saragih, H. (2023). Analisis Peranan Guru Sejarah Dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas Pada Proses Pembelajaran Online. Jurnal PIPS Terpadu, 1(1), 38–49. Retrieved from https://jurnal.usi.ac.id/index.php/JPIPST/article/view/1354