Persepsi Masyarakat Kristen Terhadap Keberadaan Wisata Religi Umat Islam (Study Deskriptif Wisata Religi Makam Syekh Papan Tinggi Desa Pananggahan Kec. Barus Kab. Tapanuli Tengah)

Authors

  • Khalida Juniarti Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun
  • Corry Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun
  • Ulung Napitu Magister Pendidikan IPS Universitas Simalungun

Keywords:

Persepsi, Masyarakat Kristen, Wisata Religi, Umat Islam

Abstract

Penelitian Ini berjudul Persepsi Masyarakat Kristen Terhadap Wisata Religi Umat Islam pada Wisata Religi Papan Tinggi di Desa Pananggahan Kecamatan Barus  Kabupaten Tapanuli Tengah. Dalam penelitian ini persepsi yang dimaksud adalah menjelaskan bagaimana pandangan masyarakat Kristen terhadap wisata religi umat Islam khususnya wisata religi makam papan tinggi yang terdapat di Desa Pananggahan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana persepsi masyarakat Kristen yang mengunjungi makam papan tinggi dan mengkaji bagaimana dampak yang ditimbulkan atas wisata religi makam Papan Tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan melakukan wawancara kepada masyarakat Kristen yang tinggal dekat lokasi makam  sebanyak 10 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berbagai tanggapan positif dari masyarakat Kristen mengenai keberadaan Makam Syekh Papan Tinggi di Desa Pananggahan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah terutama yang tinggal di sekitar lokasi. Tidak hanya masyarakat Kristen  disekitar yang merasakan dampak Positif tapi pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah  melalui Penghasilan Asli Daerah juga meningkat. Secara umum persepsi masyarakat Kristen terhadap  Makam Syekh Papan Tinggi sangat baik. Semoga Makam Syekh Papan Tinggi menjadi destinasi wisata Religi yang ada di Sumatera Utara.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Khalida Juniarti, Corry, & Napitu, U. (2023). Persepsi Masyarakat Kristen Terhadap Keberadaan Wisata Religi Umat Islam (Study Deskriptif Wisata Religi Makam Syekh Papan Tinggi Desa Pananggahan Kec. Barus Kab. Tapanuli Tengah). Jurnal PIPS Terpadu, 1(1), 18–26. Retrieved from https://jurnal.usi.ac.id/index.php/JPIPST/article/view/1351