Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi Di Kota Pematangsiantar (Studi Kasus Pasar Horas Di Kota Pematangsiantar)

Authors

  • Wahyunita Sitinjak Universitas Simalungun ( USI )
  • Juwita Asyia Tanjung Universitas Simalungun ( USI )

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v2i2.202

Keywords:

Perilaku Konsumen Ibu Rumah Tangga, Perilaku Konsumen Industri, Pematangsiantar, Faktor Permintaan Daging Sapi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku responden sebagai konsumen rumah tangga daging sapi di Kota Pematangsiantar, untuk mengetahui perilaku industri daging sapi di Kota Pematangsiantar serta untuk menganalisis faktor-faktor permintaan daging sapi di Kota Pematangsiantar. Tujuan peneliti 1 dan 2 menggunakan metode survey dan metode analisis deskriptif, Tujuan peneliti yang ke 3 menggunakan  Metode analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS 22 dengan penguji hipotesis yang terdiri dari koefisien (R2), uji F dan uji t. Hasil Penelitian menujukkan bahwa Harga daging sapi, harga daging kambing, dan pendapatan konsumen mampu menjelaskan variabel permintaan sebesar 80,2%. Sedangkan sisanya sebesar 19,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan pada persamaan. secara parsial dari ketiga variabel bebas (independent) terdapat dua variabel (harga daging sapi dan harga daging kambing) berpengaruh tidak nyata dan positif terhadap permintaan. Variabel pendapatan konsumen berpengaruh nyata dan positif artinya bahwa setiap penambahan satuan pendapatan konsumen akan menambah permintaan daging sapi.

Downloads

Published

2020-08-24

How to Cite

Wahyunita Sitinjak, & Juwita Asyia Tanjung. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi Di Kota Pematangsiantar (Studi Kasus Pasar Horas Di Kota Pematangsiantar). Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 2(2), 86–94. https://doi.org/10.36985/jak.v2i2.202